KPAI Bakal Bentuk Tim Investigasi Bayi Debora

Vicky - Nasional

Rabu, 13 September 2017 20:34 WIB

kpai bakal bentuk tim investigasi bayi debora

Komisi Perlindungan Anak Indonesia mengusulkan Kementerian Kesehatan untuk membentuk tim investigasi terkait meninggalnya bayi Tiara Debora Simanjorang (4 bulan) di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kalideres, Jakarta Barat.

"Kita kemarin sudah bersurat ke Kemenkes, poinnya adalah merekomendasikan agar sesegera mungkin dibentuk tim investigasi terdiri atas Kemenkes dan beberapa tim independen termasuk KPAI, kita usulkan juga BPJS Watch," kata Ketua KPAI, Susanto di Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Semangatnya agar kasus ini bisa dilihat dari berbagai perspektif dan didalami dan ditelaah secara komprehensif baik dari sisi pengambil kebijakan maupun dari sisi pengawas terutama dari perspektif perlindungan anak, katanya.

"Ini penting agar duduk persoalannya benar-benar 'clear'dan ke depannya bisa mendapat hasil perbaikan yang lebih baik," kata Susanto.

Dan rekomendasikan agar KPAI terlibat, karena KPAI secara konstitusional memang harus melakukan pengawasan terhadap proses ini, katanya.

Namun KPAI tidak dapat memastikan kapan waktu yang tepat untuk segera dibentuknya tim investigasi tersebut, katanya.

KPAI sudah dua kali memanggil pihak Rumah Sakit Mitra Keluarga tapi, dua kali pemanggilan tidak memenuhi panggilan tersebut.

Kasus meninggalnya bayi Debora yang sempat viral, karena diduga adanya pengabaian dari pihak rumah sakit tersebut. (Ant)