Gubernur Sulsel Dukung Garuda Perluas Jaringan Domestik

Vicky - Transportasi

Rabu, 13 September 2017 18:59 WIB

gubernur sulsel dukung garuda perluas jaringan domestik
Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mendorong Garuda Indonesia terus memperluas jaringan domestik dengan membuka rute penerbangan baru. Khusus lingkup Sulsel, Gubernur Sulsel dua periode tersebut mengharapkan Garuda Indonesia mempercepat pembukaan rute penerbangan pada tiga wilayah meliputi Toraja, Selayar dan Bua.
 
Gubernur Syahrul mengungkapkan khusus Toraja dan Selayar, pembukaan rute penerbangan akan mendongkrak kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Toraja dan Selayar memang diketahui merupakan destinasi wisata andalan Sulsel. Bahkan, Toraja sudah lama dikenal dunia, tapi aksesnya yang jauh kerap menjadi kendala bagi wisatawan. 
 
Garuda Indonesia sebagai perusahaan pelat merah, menurut Gubernur Syahrul perlu didukung untuk selanjutnya bisa membantu membuka akses ke daerah-daerah. "Garuda Indonesia kan BUMN yang menjadi harkat dan martabat bangsa. Makanya perlu untuk didorong dan diberikan ruang sekaligus untuk perbaikan ke depan," kata dia, Rabu, (13/9/2017).
 
Terkait pembukaan rute penerbangan domestik, Gubernur Syahrul telah membicarakannya dengan Vice President (VP) Garuda Indonesia Sulawesi Kalimantan Maluku dan Papua, I Wayan Supatrayasa, Selasa, (12/9). Tidak hanya berbicara terkait pembukaan rute penerbangan ke Selayar, Toraja dan Bua, pihaknya juga membahas rute baru ke Sumatera dan NTT.
 
Supatrayasa mengatakan untuk rute penerbangan ke Bua sudah hampir terealisasi. Sedangkan, untuk rute penerbangan ke Selayar masih dalam proses perencanaan.  "Untuk ke Toraja belum, untuk sementara kita ke Bua terlebih dahulu. Tetapi saya memang bertugas untuk membuat konektivitas lebih besar di Sulsel ke depannya," ujar dia.
 
Selanjutnya, untuk penerbangan dari Makassar ke Sumatera, Supatrayasa menyebut ada dua rute yang akan dibuka. Rinciannya yakni Makassar-Medan dan Makassar-Palembang. Sedangkan penerbangan dari Makassar ke NTT terbatas pada tujuan Kupang. Bila tidak ada aral melintang, rute baru tersebut akan direalisasikan pada akhir tahun ini.
 
Supatrayasa mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi sekaligus meminta dukungan kepada Gubernur Sulsel terkait perluas jaringan. Garuda Indonesia ditegaskannya siap membantu Sulsel untuk memastikan pusat kotanya yakni Makassar untuk benar-benar menjadi hub di Kawasan Timur Indonesia.