Bu Mega Kurban Seekor Sapi di Masjid Sunda Kelapa

Vicky - Nasional

Jum'at, 01 September 2017 16:18 WIB

bu mega kurban seekor sapi di masjid sunda kelapa

Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri berkurban seekor sapi di Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, pada Hari Raya Idul Adha 2017.

"Dari bu Megawati ada satu ekor sapi," kata Ketua Panitia Kurban Masjid Agung Sunda Kelapa Faruk Rahman di Jakarta, Jumat (1/9/2017).

Selain Megawati, sumbangan hewan kurban juga diberikan oleh Ketua Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa Aksa Mahmud dan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik.

Tahun ini masjid tersebut menerima 10 ekor sapi dan 52 ekor kambing untuk dikurbankan. Jumlah tersebut menurun dibandingkan tahun lalu saat panitia kurban Masjid Agung Sunda Kelapa menyembelih 14 ekor sapi.

Menurut Faruk, daging dari hewan-hewan kurban yang disembelih di masjid tersebut akan langsung disalurkan ke pesantren, yayasan, dan mushola yang membutuhkan.

"Tidak ada pembagian kupon daging kurban karena lingkungan kita kan sebenarnya bukan warga yang membutuhkan, daripada dibagikan kupon nanti takut rusuh jadi kita pilih cara penyaluran yang terbaik," ujar dia.

Pada Idul Adha kali ini pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa mendatangkan Syekh Essam Al-Mizjaji dari Yaman yang bertindak sebagai imam dalam shalat Idul Fitri, sementara yang bertindak sebagai khatib adalah Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

"Tadi dalam ceramahnya pak Sofyan menjelaskan tentang proses kurban, yang selain bisa mendekatkan kita kepada Allah juga ada aspek sosialnya," tutur Faruk. (Ant)