Bupati Purwakarta Resmikan Aplikasi Dokter Online

Vicky - Daerah

Rabu, 12 Juli 2017 13:56 WIB

bupati purwakarta resmikan aplikasi dokter online

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi melaunching program Sampurasun Dokter di Desa Cibukamanah Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta, Rabu (12/7/2017).

Sampurasun Dokter merupakan aplikasi android untuk memudahkan akses warga pada dokter desa dengan berbasia online. Aplikasi ini bisa diunduh di android dan playstore dengan nama Ogan Lopian. 
 
Setelah mengunduh, warga Purwakarta bisa mendaftar dengan menulis identitas diri serta nomor induk kepegawaian (NIK) yang tertera di KTP. 
 
"Asalnya program ini bernama Drupadi, program dokter online. Kini peresmian pengembangannya di Sampurasun Dokter, bisa diunduh via aplikasi Ogan Lopian maupun SMS dengan nomor 085737814884," ujar Dedi di sela peresmian. 
 
Dalam aplikasi ogan lopian itu, sejumlah menu bisa diakses warga seperti Sampurasun Dokter, Sampurasun Bidan, Sampurasun Ambulan, Sampurasun Polisi, Destinasi Wisata dan Laporan Warga. 
 
"Untuk saat ini bisa diakses Sampurasun Dokter dan Ambulan. Di aplikasi itu, tinggal menghubungi dokter yang bertanggung jawab untuk tiga desa. Dokter siaga akan mengunjungi langsung warga bersangkutan," katanya. 
 
Saat ini, untuk tahap awal, program ini melayani tiga desa, Desa Cibukamanah, Wanawali dan Cirende dengan satu dokter dan dua perawat. 
 
"Target saya sebelum saya mengakhiri jabatan Maret tahun depan, semuanya sudah berjalan termasuk Sampurasun Polisi, Sampurasun Dokter, Sampurasun Bidan maupun Laporan Warga," kata Dedi. 
 
Dengan program ini, kata dia, 24 jam warga bisa mengakses dokter termasuk dalam kondisi darurat. "Tujuannya sih itu, memudahkan warga mengakses dokter dalam kondisi apapun,"  ujarnya.