Gubernur Sulsel: Koperasi Harus Kuat Secara IT

Kasilarizka - Entrepreneur

Rabu, 12 Juli 2017 10:04 WIB

gubernur sulsel: koperasi harus kuat secara it

Dalam acara pemberian penghargaan Koperasi Berprestasi dan Bakti Koperasi 2017, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo mengingatkan kalangan koperasi akan tantangan yang semakin berat di era sekarang. 

"Saat ini, koperasi harus kuat juga secara IT. Itu sudah menjadi tuntutan zaman bila ingin mampu bersaing. Lihat saja, sekarang orang tak perlu lagi repot-repot buka toko, urus perijinan sampai berbulan-bulan. Cukup memiliki akses online, maka produk yang dihasilkan sudah bisa menembus pasar," kata Gubernur Sulsel, Selasa (11/7/2017), di Makassar. 

Menurut Yasin, koperasi harus memiliki peran yang besar dalan perekonomian bangsa. "Indonesia itu kaya raya, semua kita punya. Maka, semua itu harus mampu disiapkan oleh kekuatan kita sendiri. Yang pas untuk itu adalah koperasi, yang merupakan simbol nyata dari bentuk ekonomi kerakyatan berasas gotong royong dan kebersamaan," imbuh Gubernur Sulsel lagi.

Oleh karena itu, Yasin berharap sumbu ekonomi bangsa jangan bebas tanpa kendali. Karena ekonomi rakyat bisa mati karena kekuatan pemodal besar. "Di Sulsel kita sudah memiliki beberapa Perda dan Pergub yang melindungi eksistensi koperasi dan UMKM. Salah satunya adalah setiap kecamatan dibentuk satu koperasi unggulan, di setiap kabupaten/kota dibentuk koperasi utama sebagai distributor besar. Koperasi berkualitas seperti ini yang akan terus kita bangun," pungkas dia.