Renovasi Jalan Solok-Kerinci, Kementerian PUPR Anggarkan Rp 120 Miliar

Annis - Infrastruktur

Sabtu, 07 Januari 2017 00:22 WIB

renovasi jalan solok-kerinci, kementerian pupr anggarkan rp 120 miliar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) mengalokasikan Rp120 miliar untuk mendanai renovasi dan peningkatan kualitas jalan nasional dari Lubuak Selasih Kabupaten Solok, Sumatera Barat, hingga Kerinci, Provinsi Jambi.

"Alokasi dana Rp120 miliar ini dipergunakan untuk Long Segment dua paket dengan dana masing-masing Rp40 miliar dan Rp40 miliar lagi perbaikan jembatan", kata Irjen Kemen PUPR Rildo Ananda Anwar didampingi Kepala BPJN III Padang (Sumatera Barat-Bengkulu) Saiful Anwar, saat menghadiri ulang tahun Kabupaten Solok Selatan, di Padang Aro, Sabtu.

Dia mengatakan, untuk 2017 ini sesuai koordinasi dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno minimal jalan nasional ke Solok Selatan bisa dilalui even Tour de Singkarak (TdS).

"Kita akan perbaiki dulu jalur yang ekstrem sehingga peserta TdS bisa ke Solok Selatan tahun ini," katanya.

Selain itu katanya, melalui Standar Pelayanan Minimal (SPM) Solok Selatan juga dapat alokasi dana Rp80 miliar.

Sedangkan bagi tanah yang sudah dibebaskan, jalannya akan dilebarkan sesuai standar Nasional.

Untuk pembebasan tanah di sepanjang jalan Nasional guna pelebaran jalan dia berharap, kerjasama pemerintah daerah sebab yang memiliki daerah adalah Bupati.

"Pembebasan lahan harus dilakukan secepat mungkin dan jangan sampai setelah kami tender masalah ini baru teringat sehingga prosesnya akan sulit dan anggaran bisa berbalik lagi," katanya.

Dia menambahkan, sepanjang jalan Nasional Lubuk Selasih-Kerinci banyak aktifitas pertambangan yang merusak drainase yang dibangun dengan biaya besar.

"Kita berharap aktivitas pertambangan ini ditertibkan sehingga pembangunan yang dilakukan bermanfaat bagi masyarakat dan tidak cepat rusak," katanya.

Selain itu tambahnya, akibat pertambangan ini beton yang sudah dibangun oleh pemerintah banyak rusak padahal biayanya besar oleh sebab itu harus ditertibkan.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria, mengatakan, pihaknya sangat berharap proses perbaikan jalan Nasional dari Lubuak Selasih-Kerinci dipercepat karena ini merupakan akses satu-satunya ke Kabupaten itu.

"Gara-gara jalan nasional rusak parah kita tidak jadi dilewati TdS 2016 dan tahun ini kita berharap itu tidak terjadi lagi," jelasnya.

Selain itu, katanya, jalan dari Lubuk Selasih-Kerinci juga sangat banyak lubang dan bagi yang baru melewatinya akan sangat memberatkan. Ketua DPRD Solok Selatan Sidik Ilyas berharap, perbaikan jalan nasional tahun ini kalau bisa titiknya di Solok Selatan.

"Selama ini perbaikannya di kawasan Kabupaten Solok dan tahun ini kita berharap titiknya di Solok Selatan," katanya. (Ant)